Kata Motivasi

RUU Kerukunan Umat Beragama Harus Ditolak


Jakarta,
Rancangan Undang-Undang Kerukunan Umat beragama harus ditolak karena di dalamnya memuat berbagai hal yang melanggar kebebasan berkeyakinan. Seharusnya yang dirancang adalah RUU Kebebasan beragama.

Hal itu dikatakan Posma S.M. Rajaguguk S.H,M.A., Presiden Elham (Lembaga Advokasi Hukum dan Hak Azasi Manusia) dalam acara pendidikan dan pelatihan Hukum dan Hak Azasi Manusia di Jakarta (24/11). Menurut Posma, keberadaan RUU ini justru mengekang kebebasan beragama. “Apalagi sampai mengatur tentang pemakaman. Kajiannya hanya berdasarkan satu penilaian. Elham menilai RUU ini justru kualitasnya berada jauh di bawah peraturan bersama menteri,” ujarnya. Dikatakan, pemerintahan seharusnya lebih memerhatikan bagaimana jaminan berkeyakinan atau kebebasan beragama.

Elham merupakan Lembaga Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia yang konsen pada masalah-masalah gereja. Pelatihan digelar untuk mengkaji implementasi peraturan bersama dua menteri (PBM) pada 2006. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang yang datang dari berbagai daerah. Acara ini merupakan rangkaian pelatihan yang sudah digelar beberapa kali dan menjadi pelatihan terakhir. Peserta langsung diberikan sertifikat kelulusan.

Dalam kesempatan ini, Elham juga memberikan penghargaan kepada tokoh Kristen yang dianggap layak, berdedikasi, dan selalu menjadi contoh dalam memperjuangkan HAM dan penegakan hukum. Arist Merdeka Siarait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak terpilih dan mendapatkan penghargaan Elham. “Kami memilih Bung Arist sebagai tokoh Kristen yang tetap teguh memperjuangkan hak-hak anak. Dedikasinya sudah tidak diragukan lagi. Kendati banyak tantangan dan ancaman, Bung Arist tetap maju,” jelas Posma yang langsung menyerahkan plakat penghargaan kepada Arist.

Dalam sambutan singkatnya, Arist hanya meyakini tugasnya ini merupakan pelaksanaan nilai-nilai yang diajarkan Yesus Kristus. “Saya meyakini anak-anak adalah yang empunya kerajaan Allah,” tutur Arist yang langsung disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Sumber: Majalah Bahana
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...
Agar dapat turut membangun Majalah Remaja ini

bagi yang tidak memilik acount dapat berkomentar sebagai anonymous...

Terimakasih
god bless...

Artikel Rohani

artikel rohani
Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe me

Featured Posts

Featured Posts

About

Site Links

Musik

Kontributor

Pengikut

Anda Pengunjung ke

Cari Blog Ini

Ayat Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan

Like Yah

Label 10

Label 4

Musik

Masukkan email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.