Kata Motivasi

Sejarah Telur Paskah

arti telur paskahSEJARAH TELUR PASKAH
S
ymbol telur untuk merayakan Paskah dimulai sejak abad pertengahan. Tradisi memberikan telur paskah berasal dari tradisi kesuburan bangsa Indo-Eropa. Saat itu telur dianggap sebagai symbol mesim semi dan menandakan dimulainya tahun yang baru. Dewa musim semi yang bernama “eoster” adalah Dewa yang disembah pada saat perayaan “vernal equinox”. Nama Dewa inilah yang kemudian digunakan untuk menyebut hari paskah, yakni “easter” (dalam bahasa inggris)

Sehingga pada akhirnya tradisi ini sulit terhapuskan karena hari paskah yang jatuh pada awal musim semi. Suasana keceriahan dan kegembiraan meninggalkan musim dingin menjadi saat yang tepat untuk membagikan hadiah. Hal ini lah yang mengakibatkan tradisi membagikan telur paskah pada hari paskah akhirnya diterima gereja. Hal ini dikarenakan selain untuk merayakan datangnya musim semi, telur memberikan symbol akan adanya kehidupan. selain itu alasan lain karena dahulu telur merupakan makanan pantang selama masa praPaskah(40 hari sebelum paskah). Keceriahan dan kegembiraan yang muncul menjadi alasan kenapa telur paskah diwarnai dengan warna-warna yang cerah dan warna keemasan.


Alasan lainnya sendiri telur paskah menunjukan kebangkitan Yesus dari kematian dan keluar dari kubur, yang memberikan hidup baru bagi manusia. Begitupun  telur yang menyimbolkan akan adanya kehidupan baru, criteria baru dan sifat baru yang keluar dari dalam cangkang telur tersebut.

Akhirnya membagikan telur paskah berkembang menjadi tradisi di bangsa Eropa Utara dan di Asia. Di Inggris tercatat Raja Edward I (1307) membagikan 450 butir telur paskah yang dibagikan kepada seluruh anggota keluarga kerajaan pada hari raya paskah.    

 Berakar kuat di Jerman telur paskah diberi nama “dingier”(telur yang di hutang). Sehingga anak-anak sampai sekarang menuntut telur paskah sebagai hadiah paskah untuk mereka. Di Irlandia, anak-anak mengumpulkan telur dengan membuat sarang kecil dari batu terlebih dahulu. Mereka mengumpulkan telur sebanyak mungkin dan menyimpannya dalam sarang batu mereka. Pada minggu paskah mereka baru memakan semua telurnya dan juga membaginya pada anak-anak yang masih terlalu kecil untuk mengumpulkan telur sendiri. Sedangkan bagi orang dewasa Irlandia jumlah telur yang dibagikan berdasarkan pribahasa kuno Irlandia: satu telur untuk pria sejati, dua telur untuk pria terhormat, tiga telur untuk yang miskin, dan empat telur untuk yang termiskin/pengemis.

Tradisi yang umum dilakukan adalah perlombaan mencari telur. Telur paskah yang disembunyikan disuatu tempat baik itu dimanapun dalam satu area pada hari perayaan paskah. Maka anak-anak pun akan dengan bersemangat untuk mencari dan menemukan telur tersebut. Permainan ini sendiri juga berkembang di Indonesia yang hingga pada saat ini masih terus dilakukan setiap geraja pada hari paskah dimanapun.

Maka dari itu marilah kita rayakan paskah dengan penuh suka cita karena paskah adalah hari kebangkitan Yesus Kristus Tuhan kita, yang telah bangkit dari kematian untuk menebus dosa kita dan telah member kita hidup yang baru dan memberi kita janji keselamatan.

SELAMAT PASKAH

JESSUS LOVE YOU…

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...
Agar dapat turut membangun Majalah Remaja ini

bagi yang tidak memilik acount dapat berkomentar sebagai anonymous...

Terimakasih
god bless...

Artikel Rohani

artikel rohani
Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe me

Featured Posts

Featured Posts

About

Site Links

Musik

Kontributor

Pengikut

Anda Pengunjung ke

Cari Blog Ini

Ayat Alkitab


Ketik kata atau ayat:

Alkitab Bahan

Like Yah

Label 10

Label 4

Musik

Masukkan email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.